Yang Perlu diketahui Tentang Cara Mendidik Anak Laki Laki yang Baik

Anak adalah titipan dari tuhan yang harus kita rawat dan kita jaga yang sudah menjadi kewajiban bagi orang tua tentunya untuk mendidik mereka. Banyak yang bilang masa depan anak mulai ditakar dari bagaimana pola asuh orang tua dalam hal mendidik anaknya. Selain itu doa dan usaha dari orang tua juga memiliki peran penting.

Cara Mendidik Anak Laki Laki Yang Baik


Yang Perlu diketahui Tentang Cara Mendidik Anak Laki Laki yang Baik
cara mendidik anak

Dalam hal ini orang tua harus mengetahui koridor-koridor bagaimana membimbing seorang anak sesuai dengan jenis kelaminnya. Anak laki laki dan perempuan memiliki perbedaan baik itu fisik maupun psikis maka tentu saja dalam hal cara mendidik anak pun diperlukan penanganan yang berbeda juga.

Pada kesempatan kali ini loventiv akan membahas sedikit tentang bagaimana cara mendidik anak laki laki yang baik dan tepat sehingga kepada para calon orang tua sekalian memiliki seorang anak yang akan bermanfaat bagi banyak pihak. Berikut ini adalah cara mendidik anak laki laki yang baik dan tepat

Nama adalah doa

Bagi masyarakat di Indonesia nama setiap orang itu memiliki peran penting bagi sifat, psikologi anak dan kepribadian. Masyarakat masih percaya bahwa arti dalam suatu nama maka akan menjadi doa bagi orang tersebut. Memang tidak bisa dipikirkan secara nalar bagaimana nama bisa memiliki hubungan dengan kepribadian seseorang. Tapi apa salahnya kita sebagai orang tua memberikan nama yang memiliki arti baik supaya kelak sang anak memang benar-benar menjadi kebanggaan bagi orang tuanya.

Memberikan teladan sebagai seorang pemimpin

Sudah pada kodratnya jika laki-laki itu dilahirkan untuk menjadi seorang pemimpin baik itu dalam keluarga, bermasyarakat, dan bernegara. Selaku orang tua khususnya bagi para calon ayah sebaiknya sejak usia dini berikanlah sosok teladan yang baik sebagai seorang pemimpin yang baik. Seperti peribahasa yang mengatakan buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, setiap apa yang ditirukan oleh sang anak merupakan sebagian besar apa yang dilakukan oleh orang tuanya dirumah.

Selalu tunjukkan kasih sayang

Seorang anak laki laki juga memerlukan kasih sayang layaknya anak perempuan. Memang memiliki sedikit perbedaan. Jangan terlalu dimanja tapi jangan terlalu tegas dan kasar terhadap mereka. Cobalah sedikit bijak dalam memberikan kasih sayang kepada sang anak.

Agama sebagai tiang akhlak

Berbicara tentang bagaimana cara mendidik anak yang baik dan tepat memang tidak akan jauh dengan agama. Karena kita tahu sebaik-baiknya ilmu yang ada didunia yang paling baik adalah ilmu tentang agama. Dalam ilmu agama tersebut sudah terkandung ilmu tentang bagaimana cara menjadi sosok manusia yang berakhlak baik. Seseorang anak apalagi anak laki laki jika fondasi pikirannya tidak dilandaskan pada agama mungkin sudah bisa ditebak bagaimana anak tersebut dimasa mendatang. Jadi sebagai seorang orang tua sudah sepantasnya menanamkan ilmu tentang agama sedari dini.

Loventiv.com