Cara Mendidik Anak Dengan Menggunakan Media Audio Visual

Pada era 90an banyak masyarakat yang sangat menikmati sandiwara radio. Namun lambat laun, sandiwara radio kurang diminati. Masyarakat era tahun 2000an lebih menggemari sinetron daripada sandiwara radio. Hal ini menandakan bahwa media hiburan audio visual lebih diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Cara Mendidik Anak Dengan Menggunakan Media Audio Visual
Cara Mendidik Anak Dengan Menggunakan Media Audio Visual

Cara Mendidik Anak Dengan Menggunakan Media Audio Visual Sebagai Sarana Belajar Anak


Anak usia dini (0-6 tahun) adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Bahkan dikatakan sebagai lompatan perkembangan. Maka dari itulah anak usia dini dikatakan sebagai golden age (usia emas) yaitu usia yang sangat berharga dibanding usia-usia selanjutnya.

Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu proses pembinaan tumbuh kembang anak sejak lahir hingga usia 6 tahun, yang dilakukan secara menyeluruh, mencakup semua aspek perkembangan dengan memberikan stimulasi terhadap perkembangan jasmani dan rohani agar anak tumbuh dan berkembang dengan optimal. Dalam usaha mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak usia dini, orang tua atau pun guru di TPA, KB, dan TK  di harakan menggunakan media pendidikan yang dapat menstimulasi perkembangan anak. Media yang dapat digunakan antara lain media visual, media audio, dan media audio-visual

Kata media  secara harfiah berarti “perantara atau pengantar”. Bila dihubungkan dengan bidang pendidikan, Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat, serrta perhatian anak didik sehingga tujuan pendidikan yang optimal akan tercapai.media pembelajaran terbagi menjadi 3 yaitu medi audio,visual dan audio-visual.Dalam hal ini yang di akan saya bahas media audio-visual :

Media audio-visual adalah media yang merupakan kombinasi dari media audio dan media visual yang biasa di sebut dengan pandang dengar. Dengan menggunakan media audio-visual ini maka penyajian tema kepada anak lebih lengkap dan optimal.

Loventiv.com